Kamis, 22 Januari 2009

Sekitar Kehamilan 2

Halau Stres selama hamil...


Perubahan hormon serta fisik ternyata sangat berpe
ngaruh terhadap keseimbangan emosional ibu hamil. Rasa cemas, takut dan tidak nyaman yang kerap dirasakan secara berlebihan oleh calon ibu, ternyata juga dialami oleh janin.

Kondisi ini jangan dianggap enteng, jika tidak segera diatasi, stres yang menimpa ibu hamil dapat mengakibatkan komplikasi serius pada ibu dan janinnya.

Ada banyak cara yang dilakukan oleh ibu hamil untuk meminimalkan kecemasan. Beberapa cara sedehana berikut ini semoga dapat memantu meminimalkan kecemasan Anda:

Latihan pernapasan

Selain menyehatkan ibu dan janin, latihan pernapasan ternyata bermanfaat untuk melancarkan proses persalinan. Selama masa kehamilan, latihan bernapas panjang dan teratur bermanfaat untuk mengendurkan otot, menurunkan denyut jantung dan membantu tidur lebih nyenyak. Caranya, tarik napas panjang, hembuskan napas perlahan lewat mulut, biarkan pipi relaks, sampai paru-paru kosong. Berhenti, lalu lakukan lagi. Rasakan dan biarkan perasaan tenang menguasai diri Anda.

Pijatan

Pada saat bobot tubuh Anda semakin berat karena usia kandungan yang semakin besar. Maka tubuh Anda akan semakin sering lelah dan bagian tubuh tertentu akan terasa pegal. Pijatan ringan dan lembut dibagian tangan, kaki, betis dan pundak akan dirasakan sangat nikmat. Sehingga tak hanya tubuh, tapi pikiran juga akan merasa lebih santai dan relaks.

Bersosialisasi

Berbagi pengalaman mengenai apa yang sedang dirasakan saat kehamilan kepada sesama ibu hamil atau keluarga lain yang sudah memiliki pengalaman melahirkan sangat membantu Anda meminimalkan kecemasan menjelang persalinan. Berbagi cerita, selain melegakan perasaan, Anda juga bisa mendapat tambahan ilmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar